Skripsi Bola Voli - BAHAN BELAJAR
News Update
Loading...

Friday, May 17, 2013

Skripsi Bola Voli


BAB I
PENDAHULUAN

1.1  Latar Belakang
Pembangunan nasional di bidang pendidikan adalah upaya untuk mencerdaskan kehidupan bangsa dan meningkatkan kualitas manusia Indonesia dalam mewujudkan masyarakat yang adil dan makmur, serta memungkinkan para warganya mengembangkan dirinya dari segala aspek, baik jasmaniah maupun rohaniah. Pendidikan jasmani adalah proses pendidikan seseorang sebagai perorangan maupun sebagai anggota masyarakat yang dilakukan secara sadar dan sistematik melalui berbagai kegiatan jasmani dalam rangka memperoleh peningkatan kemampuan dan keterampilan jasmani, pertumbuhan kecerdasan dan pembentukan watak (Kosasih, 1993:2).  Olahraga adalah bentuk—bentuk kegiatan jasmani yang terdapay didalam permainan, perlombaan dan kegiatan jasmani yang intensif dalam rangka memperoleh rekreasi, kemenangan dan prestasi optimal (Kosasih, 1993:3).
Untuk mencapai sasaran tersebut pendidikan jasmani dan olahraga diberikan dalam bentuk formal yakni termasuk kedalam kurikulum pendidikan sehingga harus mampu memberikan sumbangan yang positif dan efektif bagi pertumbuhan nilai-nilai pokok manusia yang merupakan kekuatan pendorong bagi terciptanya generasi muda sebagai tunas bangsa yang lebih baik, lebih bertanggung jawab, lebih kuat jiwa dan raga, lebih berkepribadian. Dengan demikian olahraga merupakan unsur pembinaan bangsa dan pembangunan bangsa.
Sehubungan dengan itu perlu ditingkatkan pendidikan jasmani dan olahraga di lingkungan sekolah, pengembangan olahraga prestasi, upaya memasyarakatkan olahraga dan mengolahragakan masyarakat serta dalam rangka menciptakan iklim yang lebih mendorong masyarakat untuk berprestasi secara bertanggung jawab dalam membina dan mengembangkan olahraga.
Permainan bola voli merupakan salah satu materi yang terdapat dalam kurikulum mata pelajaran pendidikan jasmani dan olahraga. Permainan bola voli kini telah mengalami perkembangan yang cukup pesat. Hal ini ditandai dengan banyaknya kejuaraan yang telah digelar, baik tingkat nasional maupun internasional. Semua lapisan masyarakat, mulai dari usia anak-anak hingga dewasa, baik pria maupun wanita telah mengenal permainan bola voli.
Sebagai permainan yang telah memasyarakat, permainan bola voli memiliki peraturan serta teknik-teknik dasar yang sudah semestinya kuasai baik untuk kalangan pemula maupun kalangan profesional salah satunya adalah teknik passing. Teknik passing merupakan salah satu dari teknik dasar permainan bola voli yang harus dikuasai dengan baik. Hal ini dapat membantu pemain dalam menghadapi permainan di lapangan.
Passing atas merupakan salah satu passing yang sering digunakan oleh pemain bola voli untuk mengumpan bola kepada teman satu regu dalam taktik pertahanan maupun penyerangan. Dalam taktik penyerangan, passing atas digunakan sebagai satu cara untuk mempermudah rekan melakukan smash/spike ke daerah lawan. Dalam pembelajaran di sekolah masih banyak siswa yang belum bisa menguasai teknik passing atas karena disebabkan kurangnya pemahaman dan intensitas tatap muka yang terbatas.
Dari hasil pengamatan peneliti bahwa SMP Bina Palembang Cipta memiliki sarana dan prasarana olahraga yang cukup baik, khususnya untuk sarana permainan bola voli. Di SMP Bina Cipta Palembang juga terdapat beberapa ekstrakurikuler sebagai penunjang dan penyaluran bakat para siswanya. Namun perkembangan olahraga di SMP Bina Cipta Palembang dapat dikatakan belum cukup membanggakan, karena masih jarang siswa yang mendapatkan prestasi terutama pada cabang olahraga bola voli. Dalam permainan bola voli siswa masih banyak mengalami kendala saat melakukan teknik passing atas.
Berdasarkan permasalahan yang telah diuraikan, peneliti tertarik untuk memberikan perlakuan latihan dan teknik passing atas. Perlakuan kepada siswa dikarenakan pelajar masih dalam proses pertumbuhan tubuh yang pesat dan terbatasnya sarana prasarana serta mahalnya biaya untuk latihan weight training. Maka peneliti akan melakukan penelitian dengan judul “Pengaruh Latihan Incline Push Up Depth Jump terhadap Passing Atas pada Permainan Bola Voli siswa kelas VIII SMP Bina Cipta Palembang Tahun Pelajaran 2012/2013”.

1.2  Masalah Penelitian
1.2.1        Batasan Masalah
Agar masalah tidak terlalu rumit dan tidak menyimapang dari sasaran serta lebih terarah, maka peneliti membatasi masalah sebagai berikut :
1)      Objek yang diteliti adalah siswa laki-laki kelas VIII di SMP Bina Cipta Palembang tahun pelajaran 2012-2013. Diambil siswa laki-laki karena mempunyai tingkat kekuatan tenaga yang relatif sama. Selain itu, dilakukan untuk mendapatkan data dengan sampel yang homogen.
2)      Teknik passing permainan bola voli yang digunakan dalam penelitian ini adalah passing atas.
3)      Incline push up depth jump adalah salah satu latihan beban plyometrics dimana gerakannya sama dengan gerakan push-up.

1.2.2        Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang diatas, dapat diuraikan rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu : adakah pengaruh latihan incline push up depth jump terhadap passing atas pada permainan bola voli siswa kelas VIII SMP Bina Cipta Palembang tahun pelajaran 2012/2013?

1.3  Tujuan Penelitian
Berdasarkan rumusan masalah diatas, maka yang menjadi tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidak adanya pengaruh latihan incline push up depth jump terhadap passing atas pada permainan bola voli siswa kelas VIII SMP Bina Cipta Palembang tahun pelajaran 2012/2013.

1.4  Manfaat Penelitian
Adapun manfaat yang diharapkan dari penelitian ini adalah :
a)      Bagi guru mata pelajaran penjasorkes atau pelatih, penelitian ini diharapkan bermanfaat sebagai bahan masukan dalam mengajar dan meningkatkan kemampuan passing atas dalam permainan bola voli.
b)      Bagi sekolah, diahapkan dapat menjadi bahan masukan untuk meningkatkan mutu pendidikan.
c)      Bagi siswa, dapat menambah pengetahuan dan motivasi untuk dalam melakukan latihan guna meningkatkan kemampuan permainan bola voli dan meningkatkan prestasi yang lebih tinggi.
d)      Bagi kalangan akademis, penelitian ini diharapkan dapat dijadikan sebagai bahan panduan atau pedoman lebih lanjut untuk penelitian selanjutnya.



Share with your friends

1 comment

  1. mohon izin kopas nggeh buat tambahan keilmuan,matur suwun

    ReplyDelete

Notification
This is just an example, you can fill it later with your own note.
Done